Wednesday, September 20, 2006

The Power of Mind (2) - Meditation

Seperti kita ketahui pikiran kita sangat sukar dikendalikan, setiap saat berbagai opini masuk kedalam pikiran kita dan sangat sukar kita kendalikan atau dengan kata lain, sangat sulit mengontrol agar kita selalu berpikiran positif. Pikiran - pikiran negatif secara tidak kita sadari, dan sering tidak dapat kita hindari, masuk terus menerus kedalam pikiran kita. Sehingga untuk memastikan kita selalu berpikiran positif adalah memastikan pikiran - pikiran negatif yang masuk kita hapuskan.

Salah satu cara melatih menghilangkan pikiran - pikiran yang negatif atau yang tidak kita inginkan adalah dengan meditasi. Latihan meditasi bukanlah latihan mengosongkan pikiran seperti yang sering dianggap orang - orang awam. Meditasi adalah melatih agar pikiran terfokus pada satu hal. Hal ini bisa apa saja, bisa nafas, bisa perasaan bahagia, bisa wajah orang suci (misalnya Yesus untuk orang - orang Kristen, atau Nabi Muhammad untuk muslim), atau apapun. Selain itu fokus pada satu hal ini juga dapat dilakukan dengan menjadikan diri kita sebagai pengamat, yang mengamati pikiran - pikiran yang masuk, kita tidak menolak pikiran - pikiran yang masuk, tetapi hanya mengamatinya.

Yang paling utama dalam melakukan meditasi ini adalah rileks dan pastikan pikiran kita tidak tegang karena berusaha fokus ke satu hal saja.

Dengan melakukan meditasi ini, kita lebih dapat mengendalikan pikiran - pikiran yang masuk dan yang terpenting, membuang pikiran - pikiran negatif dari otak kita.

Tai Chi

Latihan ini untuk orang awam yang tidak mengerti adalah hanya merupakan latihan fisik semata, akibatnya yang terjadi di Indonesia, banyak perkumpulan - perkumpulan tai chi hanya menjadikan anggotanya sebagai penari tai chi. Hal ini terjadi karena yang dipentingkan adalah gerakan - gerakan fisik semata. Sehingga banyak orang yang kelihatannya mengerti tai chi tetapi sesungguhnya hanya mengerti gerakannya semata, tetapi tidak rahasia yang ada di dalamnya yang sebenarnya adalah merupakan inti dari tai chi itu.

Gerakan - gerakan tai chi yang seharusnya adalah bukan digerakan dengan fisik, melainkan diperintah dengan otak. Di otak kita membayangkan, tangan bergerak kesini atau kesana dan begitu juga dengan gerakan kaki kita. Sangat sulit untuk melakukan tai chi dengan benar dan tidak melibatkan gerakan fisik. Sehingga sangat disarankan untuk meminta bantuan guru tai chi yang mahir.

Karena gerakan tai chi ini di lakukan dengan pikiran, dan diselaraskan dengan nafas serta gerakan, maka tai chi ini adalah pelatihan fisik dan juga meditasi sekaligus. Tai chi ini sering disebut meditasi bergerak. Manfaat berlatih tai chi dengan benar tidak perlu diragukan lagi. Selain fisik yang tambah kuat, pikiran juga lebih fokus dan dapat dikendalikan serta energi tubuh kita yang makin kuat.

No comments: