Monday, September 18, 2006

The Power of Mind

Dari pengamatan saya, hampir semua buku - buku mengenai self motivation atau self help yang diterbitkan di dunia barat sebenarnya berpegang pada satu prinsip dasar yaitu berpikir positif. Sayangnya dalam setiap buku - buku mengenai hal tersebut, yang banyak diceritakan adalah keberhasilan - keberhasilan dari berpikir positif, tidak ada satu pun buku yang mengulas mengapa berpikir positif mampu, tidak hanya menjadikan manusia lebih baik, membantu kita mencapai semua tujuan kita dalam hidup ini.

Dengan teori energi yang pernah saya post ke blog ini, rasanya alasan kenapa berpikiran positif akan menghasilkan hal - hal yang positif juga menjadi sangat jelas. Karena secara tidak sadar pada saat kita berpikir positif (ataupun negatif), energi kita akan keluar dan mewujudkan hal yang kita pikirkan tersebut. Akibatnya, bila yang kita pikirkan adalah positif, hasil yang kita peroleh adalah hasil positif dan sebaliknya.

Dalam pemahaman ilmu - ilmu pengobatan (ataupun bela diri) dari Cina, mereka percaya bahwa pusat dari energi manusia terletak sekitar 3 inchi dibawah pusar. Tempat ini dalam Yoga, Tai Chi, Chi Kung ataupun ilmu - ilmu latihan kekuatan fisik lainnya dianggap sebagai salah satu cakra atau tempat berkumpulnya energi. Dalam ilmu - ilmu tersebut cakra atau tempat ini dilatih sehingga dapat mengumpulkan ataupun mengeluarkan energi yang lebih banyak/besar. Bahkan dalam latihan pilates yang saat ini tengah populer dilatih di tempat - tempat kebugaran, bila kita perhatikan dasar gerakannya/cara bernafasnya ditujukan untuk menguatkan cakra ini.

Energi yang ada ditubuh kita yang berpusat di sekitar 3 inchi dibawah pusar ini adalah energi yang 'bodoh' artinya energi ini hanya menurut apa yang kita pikirkan (baik secara sadar kita pikirkan ataupun hanya terlintas saja). Oleh karena energi ini bodoh, dia tidak dapat membedakan apakah yang kita pikirkan benar - benar kita inginkan atau sebenarnya tidak kita inginkan sehingga yang terjadi adalah apapun pikiran kita energi ini akan dipancarkan dari tubuh kita untuk mencapai apa yang kita pikirkan, walaupun hal itu tidak kita inginkan.

Misalnya, suatu hari kita kehujanan dan kedinginan, dalam pikiran kita, kita mungkin berpikir (khawatir) bahwa kita kemungkinan akan kena flu (karena kehujanan), karena energi itu bodoh akibatnya dia beranggapan bahwa kita menginginkan kena flu dan secara tidak kita sadari energi dari tubuh kita akan terpancar dan berusaha agar kita terkena flu.

Atas dasar di atas, dapat dimengerti mengapa berpikiran positif sangat penting, karena dengan berpikiran positif, semua energi yang tubuh kita keluarkan akan bekerja untuk mendapatkan hal - hal positif yang kita pikirkan.

Doa

Doa merupakan cara menyampaikan keinginan kepada tuhan. Seperti kita ketahui, doa yang baik bukanlah doa yang diucapkan dengan mulut melainkan doa yang dilakukan dengan sepenuh hati dan pikiran. Karena saat doa diucapkan dengan sepenuh hati dan pikiran, secara tidak kita sadari, seluruh energi kita akan dipusatkan untuk mencapai apa yang kita doa kan dan doa kita akan lebih cepat terkabul.

Perwujudan doa dengan energi kita bukan berarti meniadakan tuhan. Tetapi hal ini juga membuktikan bahwa orang - orang yang tidak mengenal tuhan juga dapat dikabulkan doa nya bila mereka berdoa dengan sepenuh hati dan pikiran, walaupun misalnya mereka berdoa bukan kepada tuhan, melainkan pada dewa-dewa atau lainnya.

Saya percaya, bahkan untuk mereka yang tidak beragama pun, saya percaya mereka pun percaya bahwa ada Sesuatu kekuatan yang maha besar yang mampu menciptakan alam dan isinya apapun sebutannya. Dan seperti yang saya tuliskan dalam teori energi, Sesuatu itu mempunyai hak veto untuk masuk dalam sistem energi dan merubahnya.

No comments: