Friday, September 08, 2006

Rileks

Dalam dunia modern yang makin sarat dengan berbagai masalah, membuat tubuh rileks rasanya sudah menjadi keharusan bila kita ingin tubuh tetap fit secara jasmani dan rohani. Dengan rileks, beban - beban yang ditanggung otot-otot tubuh dan organ - organ dalam tubuh, termasuk otak menjadi ringan dan mereka dapat melakukan regenerasi sel-sel nya.

Untuk melatih ataupun mengeluarkan energi yang kuat, keadaan yang harus dicapai pertama kali adalah rileks. Tubuh dan pikiran harus tenang dan santai. Keadaan rileks ini sangat penting, untuk mencapai kenyamanan dalam berlatih dan hasil berlatih yang optimal.

Untuk melakukan rileksasi sebenarnya mudah. Lepaskan semua beban pikiran dan ketegangan otot-otot dengan memfokuskan pikiran pada satu hal tertentu, misalnya nafas. Pikiran - pikiran lain yang melintas tidak perlu dilawan untuk dihilangkan, tetapi diperhatikan dan diamati, dengan sendirinya semua pikiran tersebut akan menghilang dan fokus dapat dialihkan kembali ke nafas.

Usahakan nafas anda halus, panjang, dalam dan berirama bagaikan nafas orang yang sedang tertidur. Perhatikan semua keadaan otot tubuh dari atas kepala sampai ke kaki, pastikan semuanya tidak lagi dalam keadaan tegang.

Bila sampai ke bagian yang masih tegang, katakan dalam hati, santai... santai... atau rileks...rileks... sampai bagian tubuh tersebut menjadi rileks.

Setelah semua bagian tubuh dapat dirasakan sudah santai, rasakan perasaan nyaman dan enak memenuhi seluruh tubuh serta pikiran. Merasakan kedamaian memenuhi sel - sel tubuh. Bawa terus kondisi rileks ini lebih dalam, seakan-akan anda hendak tidur, tetepi jangan sampai tertidur dan harus tetap mempunyai kendali atas kesadaran. Terus pertahankan kondisi nyaman ini sampai latihan anda selesai.

Latihan rileksasi ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh apa saja, yang penting dapat membuat anda nyaman.

No comments: